SEO WISATA GUNUNG RINJANI

menyediakan paket wisata ke gunung bromo murah jawa timur

EMAIL: admin@ebromo.com


TLP/SMS/WA: 085755885078

PAKET WISATA BROMO

TLP/SMS/WA: 085755885078


WISATA GUNUNG RINJANI

7 Pesona Wisata Gunung Rinjani Sebagai Geopark Dunia


Pesona wisata gunung Rinjani memang membanggakan bagi negeri kita. Taman alam andalan Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat ini menyuguhkan beragam panorama menawan.

Separuh lanskap Pulau Lombok dinaungi oleh Gunung Rinjani yang berpanorama menawan pada puncaknya. Dengan ketinggian 3,726 meter di atas permukaan laut (mdpl), Rinjani mendapat peringkat kedua setelah Gunung Kerinci di Sumatera.

Sepanjang waktu, wisata Gunung Rinjani jadi incaran para traveler dari berbagai penjuru. Hingga kini pun cagar alam Rinjani masih dalam tahap evaluasi Unesco untuk kawasan geopark (taman bumi) dunia. Menyusul Danau Batur di Bali, yang sudah lebih dulu mendapat status fenomenal tersebut pada tahun 2012.


7 Pesona “Geopark” Gunung Rinjani

Keragaman wisata gunung rinjani yang luar biasa sesungguhnya sudah cocok dengan kriteria geopark dunia. Cagar alam ini kaya akan pesona hayati, dengan pesona danau kaldera dalam kerucut gunung api muda, serta limpahan sumber air panas. Ditambah nilai sejarah dan kekayaan adat-budayanya, Gunung Rinjani tampil lengkap sebagai taman bumi dunia.

Penasaran, dimana saja spot wisata calon geopark dunia ini? Simak 7 ulasan Gunung Rinjani yang melingkupi panorama indah Pulau Lombok.

1. Wisata Budaya Sembalun

Eksotisme perbukitan hijau akan mengantarkan traveler ke desa wisata ini. Jaraknya sekitar 40 km utara Selong, Ibu kota Lombok Timur. Atau kira-kira 90 kilometer dari Mataram, ibukota NTB.

Kecamatan Sembalun, Lombok Timur, sebuah desa wisata berudara sejuk di kaki gunung Rinjani. Rumah tradisional, situs budaya, dan kain tenun, merupakan warisan tradisi turun-temurun dalam kehidupan masyarakat adat Sembalun Lawang.

Semakin banyak wisatawan yang tertarik melihat kekayaan budaya Lombok di kaki Gunung Rinjani. Karena itu warga di Sembalun Lawang menyediakan homestay sederhana. Letaknya pun sangat strategis, di dekat pintu jalur pendakian Gunung Rinjani. Tak jauh dari Lembah Sembalun yang menawan.

Wisatawan yang tak kuat mendaki gunung, cukup jalan-jalan di lingkungan sekitar desa saja. Wisata Gunung Rinjani khas Sembalun sangat menyenangkan. Jalan-jalan menelusuri lembah hingga perbukitan, melihat pertanian hortikultura yang subur, dan boleh juga ikut panen hasil bumi.

Semua kegiatan wisata non-pendakian ini sudah dikemas dalam paket khusus, lengkap dengan pemandu wisata dari warga setempat. Mengasyikkan!

Jalur Wisata Sembalun :

Mataram – Sembalun (4-5 jam, kendaraan umum)

Sembalun Lawang – Puncak Gn. Rinjani (7 jam jalan kaki)

2. Bukit Nanggi

Desa Sembalun Bumbung merupakan pintu wisata Gunung Rinjani yang paling strategis. Jalur pendakian soft trekking di pagi hari sangat cocok untuk pendaki pemula. Rutenya menuju ke Bukit Nanggi di ketinggian 2300 mdpl. Dari puncak bukit Nanggi bisa terlihat pemandangan Gunung Rinjani, Gunung Tambora, dan Gili Lawang. Panorama matahari terbit yang tak kalah cantik dari bentangan sunrise di Gunung Bromo!



3. Desa Adat Senaru dan Air Terjun

Selain gerbang Sembalun, pintu gerbang pendakian Rinjani adalah Desa Adat Senaru. Perkampungan yang masih tradisional ini memiliki rumah adat melokaq, namun sebagai fasilitas wisata telah disediakan homestay dan juga restoran. Nah, keistimewaan lain dari wisata Gunung Rinjani di Senaru adalah air terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep. Merupakan air terjun dua tingkat dengan suhu yang sejuk.

Jalur Wisata Senaru (3-4 jam kendaraan umum)

Senaru – Danau Segara Anak (7-10 jam berjalan kaki)

4. TMNR dan Segara Anakan

Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR). Merupakan kawasan konservasi geologi seluas 41.330 hektar. Di cagar alam ini wisatawan bisa mendapati aneka flora dan fauna yang sangat langka.

Dalam geopark wisata Gunung Rinjani terdapat Danau Segara Anak, kaldera yang bentuknya serupa bulan sabit. Seringkali dimanfaatkan pengunjung untuk mancing ikan mas dan mujair. Panorama selatan danau disebut Segara Endut, sementara sisi timurnya terdapat Gunung Barujari. Dengan beberapa goa antara lain goa Manik dan Susu, serta sumber air panas.

Jarak antara Desa Sembalun Lawang sampai Danau Segara Anak sekitar 8 sampai 10 jam dengan berjalan kaki.

5. Air Terjun dan Sumber Air Panas

Desa wisata ini terletak di bagian selatan Taman Nasional Rinjani. Banyak dibangun homestay, cottage, dan akomodasi wisata mewah lainnya. Hal ini karena pengunjung biasanya mendatangi air terjun Otak Kokok yang menjadi habitat elang dan lutung.

   Tidak hanya air terjun, wisata Gunung Rinjani juga menawarkan sejumlah pemandian air panas. Salah satunya air panas Sebau terletak di utara Kaki Gunung Rinjani, tepatnya desa Sapit, Kecamatan Suela.

Sumber mata air ini dikelilingi kawasan hutan yang menjadi habitat tumbuhan paku, beberapa jenis burung, rusa, kera abu-abu, dan juga lutung. Bahkan warga sekitar percaya jika air panas Sebau dapat mengobati berbagai penyakit kulit.

6. Bukit Pergasingan

Wisata Gunung Rinjani untuk melihat matahari terbit? Tak salah datang ke bukit Pergasingan. Bukit ini berada di sisi timur laut Gunung Rinjani, dan membentang tepat dari arah barat ke timur. Bisa dikunjungi dari Desa Sembalun Lawang dengan berjalan kaki atau menyewa mobil pikap. Pemandangan yang sangat beragam akan disaksikan mulai dari persawahan hingga lanskap perbukitan. Akan terlihat kemegahan Gunung Rinjani sejurus pandangan mata.


7. Obyek Wisata Tetebatu

Surga wisata di selatan kaki gunung rinjani, membentangkan panorama sawah, perkebunan, hutan, dan air terjun. Inilah kawasan desa wisata Tetebatu dengan persawahan hijau berlatar belakang Gunung Rinjani.

Tetebatu merupakan spot trekking terbaik untuk menyongsong matahari terbit hingga tenggelamnya. Sembari menjelajah area perkebunan vanili dan tembakau. Dan berlanjut ke air terjun Jukut atau dikenal sebagai air terjun Jeruk Manis. Lokasinya sekitar 2 km dari pintu masuk Taman Nasional Gunung Rinjani. Tak jauh dari air terjun Jukut terdapat air terjun Joben yang airnya sejuk dan tidak terlalu deras.

Selain menyuguhkan pemandangan memukau kehidupan Tetebatu juga diwarnai budaya suku Sasak yang turun-temurun. Atraksi budaya tradisional masih kental disini, selain itu masyarakat Sasak di Tetebatu juga membuat aneka kerajinan seperti keranjang dan terakota hitam.

Tertarik berwisata ke Tetebatu? Anda bisa naik bus dari terminal di Mataram ke Pemotong yang berjarak 12 km dari Tetebatu. Dari Pemotong ini bisa naik bemo ke Kotaraja diteruskan Cidomo sampai ke Tetebatu.


Nah, itulah sebagian dari kekayaan wisata Gunung Rinjani. Agaknya memang sudah pantas ya, jika destinasi andalan Lombok ini dinobatkan menjadi geopark atau taman bumi dunia!


WISATA GUNUNG RINJANI


© WISATA GUNUNG RINJANI 2016

FOTO PEMANDANGAN GUNUNG BROMO
HOTEL MURAH DI KAWASAN BROMO
BROMO TENGGER SEMERU NATIONAL PARK
KETINGGIAN GUNUNG BROMO MALANG
LETAK GUNUNG BROMO LOKASI GUNUNG BROMO
WISATA GUNUNG RINJANI

GUNUNG TERTINGGI DI DUNIA
WISATA GUNUNG KEMUKUS
WISATA GUNUNG LAWU DAN WISATA GUNUNG PAPANDAYAN
SEJARAH GUNUNG BROMO
RUTE PERJALAN KE PUNCAL BROMO
KEINDAHAN GUNUNG BROMO

Pulau tidung pake wisata
Tentang ebromo
Cara pemesanan di ebromo
Kontak ebromo
Tanya jawab
Ketentuan ebromo